Sabtu, 09 Oktober 2010

PERAN PENTING SEBUAH PROMOSI

PERAN PENTING SEBUAH PROMOSI

            Dunia marketing sangatlah luas artiannya, kita mengenal MARKETING MIX, yang dimana sebuah product dapat diterima oleh masyarakat tergantung 4P, yaitu : 1. Product 2. Price 3.Place 4. Promotion, dalam marketing sendiri tersebut dibagi 2 hal ataupun 2 bagian pokok, yaitu marketing istribusi dan Marketing Promosi.
sepertinya bedanya sedikit banget, antara distribusi dan promosi. padahal kalau benar-benar dipahami, akan sangat berbeda sekali jenis kerja distribusi dan promosi, yang dimana ending maupun tujuanya sama, yaitu produk tersebut laku di jual.
Marketing Distribusi tersebut lebih mengarah pada Selling IN atau product masuk ke toko dan pemerataan, sedangkan Marketing Promosi sendiri lebih ke Selling Out, atau bagaimana caranya mengeluarkan product yang sudah dibeli toko, bisa dibeli oleh konsumen, konkritnya sering saya menyebutnya dengan istilah create demand, bagaimana caranya bisa terjadi permintaan di pasar.
            Kalau kita lihat sekilas, kerja promosi sangat mudah dan tanpa tantangan, kerjanya hanya menghabur-haburkan uang saja mulai dari kasih sponsor baik barang maupun uang sampai bayar pajak reklmae, dan sudah selesai. Padahal kalau kita mau mengamati lebih dalam, proses create demand tersebut sangatlah rumit, dan kalau kita menyenangi dunia promosi sangat menyenangkan. Media promosi, sering kita melalui ATL ( Alt The Line )adalah Promosi yang dilakukan melalui bantuan sebuah media, yang dimana komunikasi hanya dilakukan oleh satu arah, yaitu kita menyampaiakan bahwa produk kita itu ada, seperti misalnya melalui media billboard, Televisi maupun radio.
            Selain itu kita bisa juga dengan BTL ( Bellow The Line )adalah promosi yang dilakukan secara, kalau saya lebih seneng mengatakan event off air..maklum exs radio and tipi..he.he..melalui media event yang dimana pada kegiatan tersebut ada interaksi dua arah, antara pihak produsen dan konsumen intinya dari ATL dan BTL sama, yaitu awarenes atau membiasakan masyarakat dengan sebuah produk. seperti misalnya, kalau kita lapar dan pengen makan mie instant, yang pertama terlintas dalam benak pikirannya ya langsung mie sedaap. proses perubahan mindseat seseorang itu tidak mudah, harus banyak cara dilakukan, mulai dari trade promo maupun consumers promo, dalam hal itu kita juga harus didukung menggunakan P.O.S ( Point Off Sales ) yang berfungsi mengarahkan calon konsumen untuk memilih produk kita ( ex. Poster ) dan P.O.P (Point Off Purchase )yang berfungsi untuk menguatkan konsumen untuk memilih produk kita ( ex. pembelian kecap sedaap 120ml dapat 1 buah gelas ).
melihat uraian diatas, dapat ditarik kesimpulan, bahwa PROMOSI mempunyai peran yang sangat vital untuk proses regulasi barang...ok...demikian sedikit gambaran pentingnya promosi dari saya, kalau mungkin ada yang salah mohon maaf, saya hanya mengajak sharing saja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar