Minggu, 10 Oktober 2010

Harga Mobil Bekas Naik 10%


            Harga mobil bekas naik sekitar 10%, menyusul meningkatnya permintaan menjelang Lebaran. Tren peningkatan penjualan mulai terlihat pada Juli dan ditaksir terus berlanjut pada Agustus."Pada Juli penjualan naik menjadi 2 ribu unit dibanding Juni sekitar 1500 unit Bulan depan, penjualan saya prediksi melejit50% menjadi 3 ribu unit karena orang mulai mencari mobil untuk Lebaran," ujar Senior Marketing Manager WTC Mangga Dua Herjanto Kosasi di sela-sela jumpa pers program Hujan Emas di Jakarta, Kamis (29/7).
Herjanto menerangkan, harga mobil di bawah Rp 100 juta kebawah seperti Honda City tipe Z dan Toyota Great Corolla bisa naik Rp 3-5 juta. Sedangkan harga mobil di atas Rp 100 juta, seperti Toyota Avanza dan Honda Jazz naik sekitar Rp 5-20 juta. Namun, harga mobil mewah seperti sedan Mercedes Benz dan Toyota Alphard justru merosot Rp 20 juta. Walau harga naik, Herjanto optimistis, konsumen akan tetap memburu mobil bekas. Dia memprediksi penjualan per bulan akan tetap berada di kisaran 3 ribu unit hingga akhir tahun.
"Awal tahun penjualan memang agak lesu di kisaran 800 unit per bulan, apalagi pada Juni sewaktuada gelaran Piala Dunia. Tapi, masuk ke Juli grafik mulai naik dan akan terus berlangsung sampai akhir tahun," tegas dia. Dia memprediksi mobil-mobil keluarga, seperti Avanza, Daihatsu Xenia, serta Suzuki APV akan tetap menjadi incaran konsumen. Sebab, jelas dia, konsumen membutuhkan mobil berkapasitas besar untuk mudik Lebaran.
Untuk mempertahankan kinerja penjualan, kata Herjanto, WTC Mangga Dua bekerja sama dengan BCA Finance menggelar program Hujan Emas bagi para pembeli Dalam program ini, pembeli mendapat fesilitas bunga ringan 7,5% untuktenor selama satu hingga tiga tahun."Di luar itu, konsumen juga mendapat kesempatan untuk mendapatkan hadiah 500 gram emas. 250 gram untuk pemenang pertama, sedangkan sisanya dibagi ke 10 pemenang lainnya. Total dana yang kami kucurkan untuk program ini sekitar Rp 600 juta," tegas Herjanto.
Hujan Emas berlangsung dari 1 Agustus 2010 hingga 31 januari 2011. Program ini berlaku bagi pembelian mobil minimal seharga Rp 50 juta. WTC Mangga Dua merupakan salah satu sentra penjualan mobil bekas di Jakarta. Total mobil yang dipajang setiaphari mencapai 2200 unit. Sementara itu, Regional Manager BCA Finance KA Wibowo menuturkan, tahun ini BCA menargetkan total pembiayaan mobil mencapai Rp 6,6 triliun, terdiri atas Rp 2,6 truiliun untuk mobil bekas dan Rp 4 triliun untuk mobil baru. Hingga semester 1-2010, total pembiayaan mobil bekas naik 20% menjadi Rp 1 triliun, sementara mobil baru naik 25% menjadi Rp 2 triliun. "Kami yakin target pembiayaan tercapai karena pasar mobil bekas dan baru sedang bagus. Untuk mobil bekas kami berikan bunga 7,5%, sedangkan mobil baru 4,5%," ujar dia. (coy)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar